WBAC: Menjadikan Anak Suka Buku - Blog Fitri AB

Saturday, June 6, 2020

WBAC: Menjadikan Anak Suka Buku

Anak suka buku beda dengan anak bisa baca buku. Bisa baca buku belum tentu suka sama buku, tapi yang suka buku lebih mudah memotivasinya untuk cepat bisa baca buku. Kalau ada orangtua yang bilang susah sekali mengupayakan anak bisa baca sampai harus cari guru privat, maka membuat anak suka buku juga butuh upaya ekstra.


Mengenalkan anak buku sejak dini sebetulnya menjadi satu-satunya jalan agar kelak kita orangtua tak susah payah membuat anak mencintai buku. Kita mulai dengan bercerita atau membacakan isi buku (bagi anak yang belum bisa baca) atau mengajaknya ke perpustakaan ramah anak atau toko buku. Anak yang sudah bisa baca, bisa kita tambahi dengan kegiatan edu game yg menjadikan buku sebagai medianya.


Secanggih-canggihnya teknologi hari ini hingga melahirkan aplikasi e-book, buku manual tetaplah pilihan terbaik dan tak akan terganti. Toh, hari ini buku manual terutama yang diperuntukkan untuk anak-anak didesain dengan semenarik mungkin tanpa mengabaikan nilai edukasi yang menjadi tujuan utama. Misalnya seperti buku lipat, buku bergeser, buku berbayang, buku berjendela, buku sentuh, dll. Buku seperti ini bisa menjadi pilihan orangtua untuk memancing kesukaan anak pada buku.



Resahlah kita orangtua jika anak mulai menunjukkan ketergantungan pada gadget. Merugilah kita orangtua jika diam saja dan tak mengambil tindakan apa-apa. Ada banyak edu game atau tontonan (yang menurut kita) mendidik mungkin di gadget kita, tapi renungkan sebentar efek buruknya untuk jangka panjang. Jangan sampai itu hanya menjadi alasan kita untuk menjauhkan diri sejenak dari anak-anak. Padahal saat anak memakai gadget pun, kita perlu mendampinginya. 


Buktikan sendiri, bagaimana anak-anak yang menyukai buku (bahkan sejak dalam kandungan) tumbuh dengan nilai hidup yang baik. Suguhi dengan nilai-nilai agama juga agar kelak bukan sekedar menjadi anak yang pintar tapi jauh dari akhlak yg baik. Pernah menemukan anak-anak pintar seperti ini kan? Kita tentu ingin punya anak yg pintar dan taat pada agamanya.❣️





-Fitri AB-
(Dosen Blogger dan Sygma Learning Consultant/wa/hp: 085261747088)

No comments:

Post a Comment