Skip to main content

Kita Vs Covid19: 5 Hal yang Bisa Dilakukan Mahasiswa Selama Di Rumah Saja


Nowadays, setiap orang sedang beradaptasi dengan kebiasaan di rumah saja, tidak terkecuali kamu yang bernama mahasiswa. Kalau kamu statusnya anak kost dan perkuliahan sistem e-learning atau jarak jauh sedang berjalan, saran saya jangan mudik atau pulang kampung dulu. Kenapa? Belum tentu ketika kamu mudik, kamu bisa mengikuti e-learning dengan sepenuhnya karena terkendala di jaringan internet dan sebagainya. Toh, kamu dirumahkan sementara bukan untuk mudik, silaturahim atau jalan-jalan, melainkan untuk social distancing. Barangkali kamu kuat melawan si Covid19 dan tidak menunjukkan gejala apapun, tapi orang yang kamu datangi atau kunjungi, belum tentu kuat. Orangtua atau lansia (apalagi yang ada riwayat penyakit) dan mereka yang imunnya rendah adalah orang-orang yang mudah terpapar virus ini. Sayang mereka kan? Jangan mudik! Tapi masih ada pengecualian untuk alasan-alasan yang sifatnya darurat dan mendesak sehingga mengharuskan untuk mudik atau ke luar rumah.

Kamu yang masih patuh dengan social distancing sehingga tetap stay at home, ada 5 hal yang bisa kamu lakukan agar hari-harimu tetap berwarna dan bermanfaat. 


1. Renovasi Kamar

Pinterest.com
Jangan bayangkan renovasi rumah dengan biaya yang mahal. Renovasi kamar tujuannya untuk membuat kamar kamu lebih terasa layak huni. Kamu bisa mulai dengan menukar posisi benda-benda tertentu, seperti tempat tidur, rak buku, dan lemari pakaian ke posisi yang baru. Selain itu, kamu bisa merapikan buku-buku atau pakaian yang sudah tidak pada tempatnya. Kosongkan segala paku atau gantungan yang ada di kamar kamu dari pakaian yang sudah dipakai. Musim Covid19 sebaiknya pakaian yang sudah dipakai keluar rumah langsung dicuci atau ditempatkan di keranjang pakaian kotor. Apalagi ya? Membuat tempelan  atau pajangan baru di dinding kamar, seperti poster, kalimat bijak, kaligrafi atau apapun yang bikin kamu semangat setiap membaca atau memandangnya.

    
2. Menghidupkan Hobi yang Sempat Redup
pinterest.com
Hobi kamu apa? Jangan bilang rebahan ya. Senang sekali kalau kita punya hobi yang juga menghasilkan dan bermanfaat buat orang lain. Barangkali di antara kamu ada yang hobinya melukis, menulis, membaca atau memasak. Kamu bisa share aktivitas/hobi kamu di blog, sosial media atau YouTube. Insya Allah bisa jadi inspirasi buat orang lain. Selain itu, kamu juga bisa bergabung dengan grup yang berkaitan dengan hobi kamu di sosial media seperti di WhatsApp group.

     
3. Menjalin Silaturahim
Kalau selama ini kamu terlalu sibuk dengan urusan kuliah dan organisasi sehingga tidak sempat bersilaturahim dengan orang-orang terdekat kamu, saat inilah waktunya. Tetap indahkan himbauan social distancing, jadi cukup jalin silaturahim kamu lewat alat komunikasi yang kamu punya, seperti handphone. Perhatikan waktu yang tepat untuk menghubungi mereka agar komunikasi kamu tetap menyenangkan dan semakin baik.
Pinterest.com
4. Menjadi Inisiator Kebaikan
Yes, sekarang kita sedang dilanda musibah dan banyak yang membutuhkan bantuan atau uluran tangan kita. Pedagang yang kehidupannya tergantung pada hasil penjualannya hingga para tenaga medis yang kekurangan APD (Alat Pelindung Diri). Gak ada salahnya, kamu maju duluan sebagai inisiator yang menggerakkan teman-teman sekelas kamu untuk ikut serta dalam program-program yang membutuhkan bantuan kita dalam bentuk uang atau sembako.

Foto dari Google


Tetap diingat, bantulah semampu Anda, tidak perlu terlibat langsung di lapangan jika Anda khawatir dengan kondisi kesehatan Anda sendiri atau orang di sekitar Anda. Sekali lagi, ingat himbauan social distancing. 

5. Menjaga Asupan Makanan,Kesehatan dan Ibadah


Foto dari Google

Kamu yang statusnya anak kost, biar bulan tua, tetap harus jaga kesehatan ya. Kalau saya ditanya, daripada ind*m*e atau makanan berpenyedap lainnya, telur pakai kecap tetap lebih sehat dan nikmat. Konsumsi Vitamin C secukupnya dengan memperbanyak minum air putih. Kamu sehat di rantau orang, orangtua pun ikut tenang. 
Satu lagi yang tak kalah penting adalah perihal ibadah. Di rumah saja jadikan kesempatan besar untuk lebih fokus dan serius beribadah. Menambah hafalan Qur'an, memperbanyak ibadah Sunnah dan lain sebagainya.

Selamat bermanfaat selama stay at home, ya. Kita perangi Covid19 ini dengan kesadaran diri yang sepenuhnya dan tidak menyebarkan hoax ke tengah masyarakat. Mahasiswa, Anda adalah filter segala macam hoax itu!


7 April 2020, Bukan Dosen bidang Kesehatan atau Virus

Comments

Popular posts from this blog

It's Not About Shoes

It's not about shoes. It's about tomorrow's journey and the days to come. Which is happier to walk with a map and a well-thought-out plan or to keep walking in the footsteps of the wind and water currents? I chose the former even though the obstacles that came were not just one. Even though my traveling companions would occasionally disagree with me. Even though my plans and dreams are not just about me. In my backpack, in the notes of my heart, there are so many happy hopes and dreams. Happiness for myself, my love, my children, family, and of course my parents. ::: 160322, in a small note ::: 📸 : @fitri_rinai

Kenzo: Rumah Ternyaman untuk Bekerja dan Menghasilkan Cuan!

Oleh: Fitri Amaliyah Batubara Pasca Covid 19, bekerja dan menghasilkan cuan dari rumah masih menjadi kebiasaan yang dilakukan oleh kebanyakan masyarakat Indonesia, termasuk di Medan. Content creator, digital marketers, entrepreneur , dan profesi lainnya asyik-asyik saja jika dilakukan dari atau di rumah. Penghasilan yang didapat juga tidak kalah dengan yang work from office . Namun, tidak bisa dipungkiri, bekerja dari rumah tentu menuntut kondisi lingkungan rumah yang nyaman dan tenang.  Sebagai seorang dosen, asesor, entrepreneur, dan juga blogger, saya pribadi sangat mengidam-idamkan rumah nyaman untuk mendukung pekerjaan saya yang terkadang harus work from home . Memiliki rumah dengan konsep yang mendukung kegiatan WFH seperti Kenzo, Givency One by Wiraland rasanya memang menjadi salah satu pilihan terbaik buat saya ataupun Anda. Penasaran dengan konsep yang diusung oleh Wiraland pada tipe rumah Kenzo, Givency One ? Jangan lupa segera siapkan budget Anda unt

Bolu Toba Medan: Oleh-Oleh Wajib Medan Ada di Siantar!

Anak-anak di rumah paling senang makan beboluan. Senang sekali karena di Bolu Toba Medan ada beraneka macam bolu yang tampilan dan rasanya menggugah selera. Misalnya bolu Coklat Padang Bulan dan Bolu Gulung 3 rasa.  Keduanya memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang bikin ketagihan. Bedanya, kalau Bolu Coklat padang bulan berbentuk persegi empat dengan toping full coklat di atasnya. Kalau Bolu Gulung 3 Rasa, dalam 1 kotak itu ada 3 bolu gulung dengan 3 varian toping yang berbeda. Eh, masih ada varian lainnya dong, ya. Anda wajib coba dan rasakan sendiri kelezatannya.  Anda yang ada di luar kota kalau ke Medan wajib singgah ke tokonya ya di Jl. KH. Wahid Hasyim No.55 Medan. Tapi, buat warga Siantar gak perlu jauh ke Medan untuk bisa merasakan kelezatannya ya. Bolu Toba Medan akan mengadakan Grand Opening tanggal 27 Mei 2023 di Siantar, loh! Nah, Nah! Buruan datang dan bawa semua sanak saudara ya. Pssst, mana tau Anda dan keluarga termasuk yang beru