Skip to main content

Happy Grow with Lactogrow: 3 Tips Memiliki Anak Bahagia yang Sehat



Oleh: Fitri AB

Sejak dalam kandungan hingga 2 tahun pertama kehidupan anak adalah masa emas yang penting bagi anak. Momen ini menjadi kesempatan yang baik bagi kedua orangtua untuk memberikan segala yang terbaik bagi anak, baik secara fisik maupun psikis anak. Anak-anak yang tumbuh dan kembangnya baik dan sehat secara fisik dan psikis akan dengan mudah menjalani kehidupannya dengan rasa bahagia. 


Itu sebabnya kebahagiaan anak bukanlah bawaan atau pemberian dari siapa pun. Bahagia mereka adalah pilihan yang bisa dan wajib kita ciptakan setiap waktu. Kembali lagi, anak yang bahagia memiliki kesempatan yang besar untuk punya tumbuh kembang yang sehat dan sukses pada masanya nanti. Anak-anak yang bahagia sejak kecil akan memiliki masa depan yang bahagia pula.

Tentu saja setiap orangtua berusaha agar anaknya bahagia. Namun, tidak semua orangtua paham bagaimana caranya agar anak benar-benar grow happy. Berikut saya share 3 tips memiliki anak bahagia yang sehat sebagai oleh-oleh mengikuti talk show "Grow Happy Parenting: Happy from the Inside Out" bersama Nestle Lactogrow, 7 Agustus 2019 di Junction Cafe, Medan. Talk show ini diisi oleh 3 narasumber yang keren, yaitu Pramudita Sarastri (Brand Executive Nestle Lactogrow), Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K), dan Elizabeth Santosa, M.Psi, Pak, SFP, ACC (Psikolog).


Pemberian Nutrisi yang Tepat dan Lengkap
Anak-anak rentan terhadap penyakit dan virus sebab saluran cernanya (usus) belum matang dan memiliki lapisan mukosa yang tipis sehingga memudahkan virus atau bakteri masuk dan mengganggu. Apalagi, "Semua penyakit", kata Socrates, "dimulai di dalam usus."

Untuk mencegah berbagai penyakit datang dan mengganggu anak bisa dimulai dengan pemberian nutrisi yang tepat dan lengkap. Nutrisi ini bisa diperoleh lewat makanan dan minuman yang sehat dan terjaganya kebersihannya. Sayuran, buah-buahan, ikan, daging, tempe, tahu, dan lain sebagainya adalah makanan yang bernutrisi dengan kandungan baiknya masing-masing. Selain itu, susu juga menjadi sumber nutrisi yang penting bagi anak.

Makanan atau minuman yang mengandung nutrisi berupa probiotik termasuk yang baik bagi anak. Probiotik merupakan mikroorganisme yang hidup dan jika jumlahnya cukup di dalam tubuh manusia akan memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan ( bakteri baik).

Bakteri baik ini memiliki peran yang banyak, di antaranya menjaga kekebalan tubuh, melindungi usus dari mikroba atau zat berbahaya, mencerna serat dan menghasilkan nutrisi yang baik. Satu lagi yang paling penting dari pemberian makan atau minuman yang bernutrisi adalah diberikan tepat waktu. Jangan abaikan, sebab ini menjadi pemicu rasa bahagia dan damai dalam diri anak.


Stimulasi Sejak Dini
Stimulasi berupa rangsangan yang dilakukan orangtua kepada anak dan baik dilakukan sejak dini (dalam kandungan). Pemberian stimulasi yang tepat pada anak berpengaruh pada kecerdasan yang dimiliki si anak. Maka, anak yang terbiasa dengan stimulasi yang baik akan memiliki kecerdasan yang optimal dalam banyak hal, seperti kecerdasan dalam bidang linguistik, logika, gerak dan seni. Kecerdasan ini tentu saja menjadi salah satu pemicu anak tumbuh dan berkembang menjadi anak yang bahagia.


Keterlibatan Orangtua dalam Aktivitas Anak
Anak bahagia bukan karena dicukupi dan dipenuhi segala keinginan dan kebutuhannya. Sederhana saja, kita ada di sampingnya dan terlibat dalam dunianya. Pertanyaannya, dari 24 jam yang kita miliki, berapa jam kita ada mendampingi anak sepenuh hati? Bukan setengah hati sebab jemari tangan dan mata tak berhenti membersamai gadget.


Namun, keterlibatan kita dalam aktivitas anak juga tergantung pada rasa bahagia yang kita punya, terutama Si Ibu. Ibu yang bahagia akan mudah menyalurkan emosi positif pada anaknya. Memang hakikatnya rasa bahagia itu tanggung jawab masing-masing orang, bukan tanggungjawab pasangan atau orang lain. Lalu, apa peran pasangan/suami? Suami ada untuk melengkapi kebahagiaan istri, sehingga istri/Ibu lebih bahagia. Ibu adalah jantung dalam sebuah rumah. Jika jantung itu tak berfungsi baik dan tidak maksimal, maka fungsi kehidupan organ lain pun akan terganggu. Maka, peran suami/Ayah sangat penting dalam hal ini.


Ibu dan Ayah, yuk, sama-sama belajar dan berlatih menjadi orangtua yang bahagia agar buah hati ikut grow happy. Tumbuh bahagia. Komunikasi yang baik antara orangtua di rumah juga berpengaruh besar terhadap kebahagiaan anak. Ini bisa kita lakukan dengan membiasakan bertanya "Ada kabar bahagia apa hari ini?" pada pasangan kita, pun pada anak-anak kita. Pertanyaan sederhana yang membuat kita ingat untuk bersyukur dan lupa pada beban hidup yang kita alami.

💞 8 Agustus 2019. Let them grow happy.







Comments

  1. Seru sekali ya kak, bisa ikut acara parenting keren seperti itu. Bener ya.. orangtua harus belajar untuk menjadi orangtua yang happy agar anak juga grow happy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, emak2 jg perlu upgrade ilmu parenting biar bijak mendidik anak ya kan, kak? Yup, Ortu bahagia, anak ya grow happy jadinya, kak 🤗

      Delete
  2. Salam kenal mba, dari sesama peserta workshop 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal kembali, kak. Kakak kemarin yg duduk di mana ya? 😀

      Delete
  3. Mantap acaranya, jadi diingatkan kembali akan pentingnya mengawal tum-kem anak2. ulasan yang menarik. thanks for your sharing, Sista... salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal, kak. Iya nih, kak, bnyak ilmu baru yg penting diterapkan di acara itu 🤗

      Delete
  4. Anak sehat, bahagia, duh impian sekali ya mak. Tapi kenyataannya kita banyak peer mulai dari harus korban waktu, tenaga ekstra buat memberikan gizi terbaik anak. Belum lagi kematangan emosinya. Semoga kita punya energy besar untuk berinvestasi di masa kecil anak anak kita sehingga mereka jd generasi terbaik ya Mak. Aminn

    ReplyDelete
  5. Yup, kina. Banyak sekali peer, belum lagi benturan2 saat akan mempraktekkan ilmu2 parenting di lapangan, wiiih, rasanya bukan mudah tp kita tak boleh menyerah 😣

    ReplyDelete
  6. Ulasan yang keren. Enak dibaca :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you for bw to my blog, sista. Smg menginspirasi dan bermanfaat 😊

      Delete
  7. info yang begitu bermanfaat, terimakasih mbak

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

It's Not About Shoes

It's not about shoes. It's about tomorrow's journey and the days to come. Which is happier to walk with a map and a well-thought-out plan or to keep walking in the footsteps of the wind and water currents? I chose the former even though the obstacles that came were not just one. Even though my traveling companions would occasionally disagree with me. Even though my plans and dreams are not just about me. In my backpack, in the notes of my heart, there are so many happy hopes and dreams. Happiness for myself, my love, my children, family, and of course my parents. ::: 160322, in a small note ::: 📸 : @fitri_rinai

Kenzo: Rumah Ternyaman untuk Bekerja dan Menghasilkan Cuan!

Oleh: Fitri Amaliyah Batubara Pasca Covid 19, bekerja dan menghasilkan cuan dari rumah masih menjadi kebiasaan yang dilakukan oleh kebanyakan masyarakat Indonesia, termasuk di Medan. Content creator, digital marketers, entrepreneur , dan profesi lainnya asyik-asyik saja jika dilakukan dari atau di rumah. Penghasilan yang didapat juga tidak kalah dengan yang work from office . Namun, tidak bisa dipungkiri, bekerja dari rumah tentu menuntut kondisi lingkungan rumah yang nyaman dan tenang.  Sebagai seorang dosen, asesor, entrepreneur, dan juga blogger, saya pribadi sangat mengidam-idamkan rumah nyaman untuk mendukung pekerjaan saya yang terkadang harus work from home . Memiliki rumah dengan konsep yang mendukung kegiatan WFH seperti Kenzo, Givency One by Wiraland rasanya memang menjadi salah satu pilihan terbaik buat saya ataupun Anda. Penasaran dengan konsep yang diusung oleh Wiraland pada tipe rumah Kenzo, Givency One ? Jangan lupa segera siapkan budget Anda unt

Bolu Toba Medan: Oleh-Oleh Wajib Medan Ada di Siantar!

Anak-anak di rumah paling senang makan beboluan. Senang sekali karena di Bolu Toba Medan ada beraneka macam bolu yang tampilan dan rasanya menggugah selera. Misalnya bolu Coklat Padang Bulan dan Bolu Gulung 3 rasa.  Keduanya memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang bikin ketagihan. Bedanya, kalau Bolu Coklat padang bulan berbentuk persegi empat dengan toping full coklat di atasnya. Kalau Bolu Gulung 3 Rasa, dalam 1 kotak itu ada 3 bolu gulung dengan 3 varian toping yang berbeda. Eh, masih ada varian lainnya dong, ya. Anda wajib coba dan rasakan sendiri kelezatannya.  Anda yang ada di luar kota kalau ke Medan wajib singgah ke tokonya ya di Jl. KH. Wahid Hasyim No.55 Medan. Tapi, buat warga Siantar gak perlu jauh ke Medan untuk bisa merasakan kelezatannya ya. Bolu Toba Medan akan mengadakan Grand Opening tanggal 27 Mei 2023 di Siantar, loh! Nah, Nah! Buruan datang dan bawa semua sanak saudara ya. Pssst, mana tau Anda dan keluarga termasuk yang beru