Skip to main content

Kita Vs Covid19: Stay at Home

Tidak terbayangkan sebelumnya negara kita yang sudah cukup banyak polemik dan masalah dihampiri oleh si Virus kecil bernama Covid19. Hei, kamu yang berukuran lebih kecil dari kami yang bernama manusia, "terimakasih" sudah menjadi big problem di kehidupan kami hari-hari ini. Terimakasih? According to me, di balik "kenakalan" kamu wahai virus, ada banyak hikmah bertebaran. But, please, jangan lama-lama "main-main" di negara kami. 



Tak terpikirkan juga sebelumnya, karena makhluk yang suka "berpindah-pindah tempat" ini, membuat saya dan kamu harus stay at home alias di rumah saja. Jangan tanya saya, kenapa masih ada orang yang ke luar rumah tanpa alasan penting? Kenapa ada pendapat yang acuh tak acuh padahal korban sudah banyak yang jatuh? Doakan mereka dapat hidayah. Doakan para pemimpin kita dan seluruh tenaga medis yang berjuang sampai hari ini diberi kekuatan, perlindungan  dan kesehatan oleh Allah. Lakukan hal terbaik yang bisa kita lakukan agar "musim" ini cepat berlalu. 


Dunia kita pun mendadak berubah 360 derajat. Stay at home, work from home, sosial distancing, lock down, dan lain sebagainya, menjadi tagar dan slogan yang trending di kehidupan kita. Tuntutan pun semakin banyak, termasuk penguasaan dalam bidang teknologi. Ini berlaku dalam semua bidang, termasuk pendidikan. Banyak yang mau tidak mau harus paham dan mahir menggunakan berbagai aplikasi e-learning demi tetap berjalannya proses pembelajaran. Seruan di rumah saja menjadi rutinitas baru yang menyenangkan bagi yang merasa senang dan sebaliknya bagi mereka yang rezekinya tergantung pada kesibukan dan keramaian di luar rumah. Rasa kemanusiaan kita diuji. Ya, kalau mau lulus ujian, do the best. Sudah berbagi apa hari ini untuk mereka yang membutuhkan bantuan kita? 


Di balik semua kegalauan kita tentang Covid19, setiap orang pasti menemukan minimal satu hikmah. Pssst, hanya bagi mereka yang mau merenungi peristiwa ini.
Dulu kita jarang di rumah dan mendamba punya banyak waktu di rumah. Bersyukurlah, hari ini kita diminta di rumah dulu bersama keluarga tersayang. Dulu kita jenuh dengan rutinitas pekerjaan, bersyukurlah hari ini kita bisa work from home sambil membersamai buah hati. Dulu kita tak punya banyak waktu membantu orangtua karena sibuk sekolah dan organisasi, bersyukurlah hari ini banyak kesempatan untuk itu. Kita sedang dipertemukan dan dilibatkan dengan segala yang pernah kita rindukan dan harapkan. Lalu, ada masanya nanti kita pun merindukan orang-orang dan segala aktivitas di luar rumah. Ajaibnya, kecanggihan teknologi tak pernah bisa membayar semua kerinduan itu.


Nanti, kalau si Virus sudah benar-benar pergi, jangan tinggalkan kebiasaan baik yang sudah kita bentuk dan budayakan di dalam diri kita, keluarga, atau lingkup yang lebih besar lagi. Jangan tersinggung, jika ada yang mengingatkan kita untuk selalu hidup bersih. Saling mengingatkan untuk kebaikan kecil yang punya pengaruh besar bagi kehidupan orang banyak ya.


Bukan Ahli atau Pengamat Virus, 5 April 2020

Comments

  1. Masih aja banyak yg keluar rumah, kalo belum kerabat dekat yang kena sepeleh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, betul sekali. Kesadaran sebagian masyarakat belum sepenuhnya ttg ini. Terakhir, tak selesai2 virus ini

      Delete
  2. Iya ya ka, stay at home lebih baik. Semua ada hikmahnya ya kan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, pasti ada hikmahnya. Yoklah kita saling menjaga dan mengingatkan masa2 ini...

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ulang Tahun (Lagi)

Selamat ulang tahun ke-5, anak laki-laki yang kami pilihkan nama terbaik jauh hari sebelum benar-benar hadir di tengah kami. Mhd. Fatih Rizki Hrp. Pembuka rezeki yang insya Allah punya karakter hebat dan mulia seperti penakluk Konstantinopel, Muhammad Al-Fatih. Jauh hari juga kusampaikan berulang-ulang kepadaNya perihal inginku memiliki anak sulung lelaki. Semoga bisa menjadi sosok pelindung bagi orang-orang di sekitarnya, terutama adik-adiknya kelak. Banyak syukur kami miliki sampai hari ini atas hadirnya. Melihat bagaimana ia tumbuh, Allah seperti mengamini tiap harapan kami tentangmu termasuk stok rasa sayangnya yang selalu ada dan sifat mengayomi pada adiknya.  1 Nak, banyak lagi PR kami agar dirimu bisa tumbuh seutuhnya menjadi insan sholeh. Kami manusia biasa yang sering alpa pada waktu yang kita lalui pada kenyataannya. Itu sebabnya doaku selalu tentang meminta padaNya agar diberi kekuatan, kemudahan, kemampuan, dan pertolongan pada kami dalam merawat, menjaga dan me

Tips Punya Buku Sygma Daya Insani dengan Harga Paling Murah Tanpa Ngeluarin Isi Dompet (Suami)

Bismillah... Adakah yang sudah menunggu tips dari saya supaya bisa punya buku Sygma Daya Insani (SDI) dengan harga paling murah dan tanpa ngeluarin isi dompet (suami)? ☺️ Jadi, berikut beberapa tipsnya ala Ummi Fatih dan Faeyza: 1. Gabung dengan Spirit Nabawiyah Community utk menjadi Sygma Learning Consultant (SLC), kayak saya, nih. ☺️ SLC jobdesc-nya bukan semata promo dan jualan, tapi juga mengedukasi dunia perihal manfaat dunia akhirat mengenalkan anak-anak buku-buku SDI sejak dini. "Mengedukasi? Berat nih." Sejauh yg kurasakan gak, Mak. Soalnya kita dibantu dengan ketersediaan bahan iklan/promosi dan edukasi yang lengkap dan update. Jadi kita tinggal share saja. Yg bikin betah bukan cuma itu, di grup khusus SNC, setiap waktu, setiap hari, ada banyak motivasi dan edukasi sebagai makanan jiwa kita. Pada akhirnya, kita semua yang ada di grup punya visi misi yang sm: "Kita bukan cm jualan atau ngejar komisi dan bonus2nya, kita jualan dgn niat lillah, terus meneba

It's Not About Shoes

It's not about shoes. It's about tomorrow's journey and the days to come. Which is happier to walk with a map and a well-thought-out plan or to keep walking in the footsteps of the wind and water currents? I chose the former even though the obstacles that came were not just one. Even though my traveling companions would occasionally disagree with me. Even though my plans and dreams are not just about me. In my backpack, in the notes of my heart, there are so many happy hopes and dreams. Happiness for myself, my love, my children, family, and of course my parents. ::: 160322, in a small note ::: 📸 : @fitri_rinai