Skip to main content

5 Rahasia Biar Dapat Nilai A dari Dosen


Oleh: Fitri AB


Nilai bagus pasti dambaan setiap mahasiswa, apalagi dapat bonus dikenal dan dipuji-puji oleh Sang Dosen. Sayangnya, gak semua mahasiswa bisa mendapatkannya. Butuh perjuangan yang ekstra tapi gak perlu ekstrim.

Seperti yang dialami Mawa. Mawa selalu mendapat nilai A untuk setiap mata kuliahnya. Bukan hanya itu, para dosen pun mengenalnya dengan baik. Siapa yang tidak ingin seperti Mawa.

Begitupun, Anda juga bisa kok dapat nilai A dari semua dosen yang masuk ke kelas Anda. Seperti Mawa. Caranya bagaimana?


Disiplin
Disiplin dalam semua hal, termasuk kehadiran dan tugas. Anda rajin hadir tapi gak ngerjain tugas, gak bisa juga. Anda rajin ngumpulin tugas tapi jarang hadir, juga gak bisa. Rajin hadir dan kerjain tugas itu baru super.


Duduk di kursi paling depan
David J Schwartz dalam bukunya Berpikir dan Berjiwa Besar menulis bahwa duduk di kursi paling depan bisa meningkatkan rasa percaya diri kita. Ya, rasa percaya diri Anda di depan dosen tentu juga berpengaruh dengan nilai pribadi Anda di hadapan dosen. Jadi, jangan ragu untuk selalu duduk di kursi paling depan. Potensi dosen ingat nama dan wajah kita tentu sangat besar.


Berbicaralah di Saat yang Tepat
Diskusi di dalam kelas bukan hal yang baru bagi mahasiswa. Sayangnya yang sering terjadi diskusi terasa biasa karena hanya beberapa mahasiswa dan dosen yang aktif di dalamnya. Jika kita termasuk yang pasif dalam diskusi, berubahlah! Bicaralah saat kesempatan berbicara itu datang. Bisa dengan bertanya, menyampaikan pendapat atau memberikan jawaban. Di awal barangkali kita akan merasa kaku, tapi percayalah Anda akan termotivasi untuk melakukannya lagi.


Perbanyak Membaca
Anda hebat jika Anda membaca lebih banyak buku dari orang-orang yang ada di sekitar Anda. Ini modal utama Anda untuk berbicara di dalam kelas. Dosen manapun akan terpukau pada Anda yang berbicara dengan landasan/ referensi yang terpercaya. Biasakan mengingat judul buku dan nama penulis buku yang Anda baca. Tanpa Anda sadari, kebiasaan membaca buku ini menjadikan Anda bijak dan baik dalam berkomunikasi .


Jangan Sok Jadi Pahlawan
Semua orang tahu Anda pintar, tapi jangan sampai kepintaran itu membuat Anda lupa diri. Bantu dan bimbing teman Anda yang kesulitan dalam tugasnya hanya sebelum ujian tiba. Jika Anda membantunya saat ujian berlangsung, siap-siap menerima konsekuensinya.


Selamat menjadi mahasiswa teladan dan terbaik di kelas dan kampus Anda. Jangan lupa bahwa nilai akademik yang tinggi tidak ada apa-apanya jika nilai dari pribadi kita jauh dari kata baik. Bagi informasi ini pada orang-orang sekitar Anda jika bermanfaat. Anda punya tips lainnya? Sila berbagi di kolom komentar ya.

Comments

Popular posts from this blog

Bolu Toba Medan: Oleh-Oleh Wajib Medan Ada di Siantar!

Anak-anak di rumah paling senang makan beboluan. Senang sekali karena di Bolu Toba Medan ada beraneka macam bolu yang tampilan dan rasanya menggugah selera. Misalnya bolu Coklat Padang Bulan dan Bolu Gulung 3 rasa.  Keduanya memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang bikin ketagihan. Bedanya, kalau Bolu Coklat padang bulan berbentuk persegi empat dengan toping full coklat di atasnya. Kalau Bolu Gulung 3 Rasa, dalam 1 kotak itu ada 3 bolu gulung dengan 3 varian toping yang berbeda. Eh, masih ada varian lainnya dong, ya. Anda wajib coba dan rasakan sendiri kelezatannya.  Anda yang ada di luar kota kalau ke Medan wajib singgah ke tokonya ya di Jl. KH. Wahid Hasyim No.55 Medan. Tapi, buat warga Siantar gak perlu jauh ke Medan untuk bisa merasakan kelezatannya ya. Bolu Toba Medan akan mengadakan Grand Opening tanggal 27 Mei 2023 di Siantar, loh! Nah, Nah! Buruan datang dan bawa semua sanak saudara ya. Pssst, mana tau Anda dan keluarga termasuk yang beru

Atasi Stres dengan To Do List

Sebagian orang pernah berada di kondisi sedang banyak beban dan tekanan. Jika mahasiswa, biasanya beban atau tekanan itu berupa tugas dari dosen yang lumayan banyak. Jika pekerja, tentu beban seputar pekerjaan. Jika seorang ibu rumah tangga, beban dan tekanan itu berasal dari pekerjaan dan urusan di rumah yang tidak ada habisnya. Nah, bagaimana dengan Anda? Tekanan atau beban apa yang biasanya menghampiri hidup Anda?  Tekanan atau beban yang tidak terkendali ini biasanya akan membuat seseorang stres dan bisa berdampak buruk bagi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Menurut UNICEF, stres  adalah perasaan yang kita rasakan saat berada di bawah tekanan, merasa overwhelmed , atau kepayahan menghadapi suatu kondisi. Stres dalam batas tertentu bisa memberi efek positif dan memotivasi kita untuk meraih suatu tujuan. Namun, stres yang berlebihan, apalagi jika terasa sulit diatasi, dapat berdampak negatif terhadap suasana hati, kesehatan fisik dan mental, dan hubungan kita dengan

It's Not About Shoes

It's not about shoes. It's about tomorrow's journey and the days to come. Which is happier to walk with a map and a well-thought-out plan or to keep walking in the footsteps of the wind and water currents? I chose the former even though the obstacles that came were not just one. Even though my traveling companions would occasionally disagree with me. Even though my plans and dreams are not just about me. In my backpack, in the notes of my heart, there are so many happy hopes and dreams. Happiness for myself, my love, my children, family, and of course my parents. ::: 160322, in a small note ::: 📸 : @fitri_rinai