Skip to main content

5 Rahasia Biar Dapat Nilai A dari Dosen


Oleh: Fitri AB


Nilai bagus pasti dambaan setiap mahasiswa, apalagi dapat bonus dikenal dan dipuji-puji oleh Sang Dosen. Sayangnya, gak semua mahasiswa bisa mendapatkannya. Butuh perjuangan yang ekstra tapi gak perlu ekstrim.

Seperti yang dialami Mawa. Mawa selalu mendapat nilai A untuk setiap mata kuliahnya. Bukan hanya itu, para dosen pun mengenalnya dengan baik. Siapa yang tidak ingin seperti Mawa.

Begitupun, Anda juga bisa kok dapat nilai A dari semua dosen yang masuk ke kelas Anda. Seperti Mawa. Caranya bagaimana?


Disiplin
Disiplin dalam semua hal, termasuk kehadiran dan tugas. Anda rajin hadir tapi gak ngerjain tugas, gak bisa juga. Anda rajin ngumpulin tugas tapi jarang hadir, juga gak bisa. Rajin hadir dan kerjain tugas itu baru super.


Duduk di kursi paling depan
David J Schwartz dalam bukunya Berpikir dan Berjiwa Besar menulis bahwa duduk di kursi paling depan bisa meningkatkan rasa percaya diri kita. Ya, rasa percaya diri Anda di depan dosen tentu juga berpengaruh dengan nilai pribadi Anda di hadapan dosen. Jadi, jangan ragu untuk selalu duduk di kursi paling depan. Potensi dosen ingat nama dan wajah kita tentu sangat besar.


Berbicaralah di Saat yang Tepat
Diskusi di dalam kelas bukan hal yang baru bagi mahasiswa. Sayangnya yang sering terjadi diskusi terasa biasa karena hanya beberapa mahasiswa dan dosen yang aktif di dalamnya. Jika kita termasuk yang pasif dalam diskusi, berubahlah! Bicaralah saat kesempatan berbicara itu datang. Bisa dengan bertanya, menyampaikan pendapat atau memberikan jawaban. Di awal barangkali kita akan merasa kaku, tapi percayalah Anda akan termotivasi untuk melakukannya lagi.


Perbanyak Membaca
Anda hebat jika Anda membaca lebih banyak buku dari orang-orang yang ada di sekitar Anda. Ini modal utama Anda untuk berbicara di dalam kelas. Dosen manapun akan terpukau pada Anda yang berbicara dengan landasan/ referensi yang terpercaya. Biasakan mengingat judul buku dan nama penulis buku yang Anda baca. Tanpa Anda sadari, kebiasaan membaca buku ini menjadikan Anda bijak dan baik dalam berkomunikasi .


Jangan Sok Jadi Pahlawan
Semua orang tahu Anda pintar, tapi jangan sampai kepintaran itu membuat Anda lupa diri. Bantu dan bimbing teman Anda yang kesulitan dalam tugasnya hanya sebelum ujian tiba. Jika Anda membantunya saat ujian berlangsung, siap-siap menerima konsekuensinya.


Selamat menjadi mahasiswa teladan dan terbaik di kelas dan kampus Anda. Jangan lupa bahwa nilai akademik yang tinggi tidak ada apa-apanya jika nilai dari pribadi kita jauh dari kata baik. Bagi informasi ini pada orang-orang sekitar Anda jika bermanfaat. Anda punya tips lainnya? Sila berbagi di kolom komentar ya.

Comments

Popular posts from this blog

Givency One: Hunian Mewah Berkonsep Eksklusif dan Eco-living

Siapa yang tidak senang bisa memiliki rumah berdesain modern-kontemporer di lingkungan yang asri, nyaman dan indah. Saya atau Anda tentu menyenangi hal ini. Livability. Begitulah yang coba ditawarkan Wiraland kepada kita. Givency One yang terletak di Gaperta Ujung ini dekat dari akses Tol Trans Sumatera dan bisa menjadi tempat tinggal pilihan, khususnya bagi Anda yang berprofesi sebagai pengusaha, eksekutif muda dan lain sebagainya. Dekat dengan pusat perbelanjaan, rumah sakit, area perkulineran, dan fasilitas umum lainnya juga turut menjadi daya tarik untuk memilih hunian ini.  Ada beberapa tipe rumah yang ditawarkanu untuk kita, seperti Valentino , Prada, Dior, dan Chanel. Di foto ini saya sedang berada di kamar utama tipe Valentino dengan ukuran rumah 7 X 12 dan luas bangunan 89m². Dilengkapi 3 kamar tidur (1 di lantai bawah dan 2 di lantai atas) dan 2 kamar mandi (1 di lantai bawah dan 1 di lantai atas), serta carport. Untuk tipe rumah lainnya, Anda bisa cek langsung di https:/

Kita Vs Covid19: Stay at Home

Tidak terbayangkan sebelumnya negara kita yang sudah cukup banyak polemik dan masalah dihampiri oleh si Virus kecil bernama Covid19. Hei, kamu yang berukuran lebih kecil dari kami yang bernama manusia, "terimakasih" sudah menjadi big problem di kehidupan kami hari-hari ini. Terimakasih? According to me , di balik "kenakalan" kamu wahai virus, ada banyak hikmah bertebaran. But, please, jangan lama-lama "main-main" di negara kami.  Tak terpikirkan juga sebelumnya, karena makhluk yang suka "berpindah-pindah tempat" ini, membuat saya dan kamu harus stay at home alias di rumah saja. Jangan tanya saya, kenapa masih ada orang yang ke luar rumah tanpa alasan penting? Kenapa ada pendapat yang acuh tak acuh padahal korban sudah banyak yang jatuh? Doakan mereka dapat hidayah. Doakan para pemimpin kita dan seluruh tenaga medis yang berjuang sampai hari ini diberi kekuatan, perlindungan  dan kesehatan oleh Allah. Lakukan hal terbaik yang bisa ki

Play 'N' Learn: Pilihan Tepat Eksplorasi Kemampuan, Minat dan Bakat Anak

Saya termasuk selektif memilihkan wahana permainan untuk dua balita saya. Gak cukup hanya sekedar menyenangkan, tetapi juga kalau bisa memberikan pengetahuan baru dan pengalaman berkesan bagi anak-anak saya. Usia balita yang fitrahnya senang bermain tapi harus juga disentuh dengan nilai-nilai penting untuk kehidupannya. Di Medan, akhirnya ada wahana premiun untuk bermain dan belajar anak yang kehadirannya dirancang khusus oleh para ahli untuk si Kecil mempelajari keterampilan hidup dan mengasah kecerdasannya. Play n Learn di Mall Centre Point lt.3 Medan, hadir membersama para orangtua mendampingi masa emas balitanya.  Siapa saja para pakar yang merancang program khusus ini? Ayah Bunda bisa cek foto ini. 👇 Jadi, Ayah dan Bunda, Star Programmes yang dirancang oleh para ahli di atas memiliki beberapa program menarik yang disesuaikan dengan kecerdasan anak. Apa saja itu? 1.Little Star Builder Program ini dikhususkan bagi anak-anak yang tertarik belajar