5 Rahasia Biar Dapat Nilai A dari Dosen - Blog Fitri AB

Tuesday, August 6, 2019

5 Rahasia Biar Dapat Nilai A dari Dosen


Oleh: Fitri AB


Nilai bagus pasti dambaan setiap mahasiswa, apalagi dapat bonus dikenal dan dipuji-puji oleh Sang Dosen. Sayangnya, gak semua mahasiswa bisa mendapatkannya. Butuh perjuangan yang ekstra tapi gak perlu ekstrim.

Seperti yang dialami Mawa. Mawa selalu mendapat nilai A untuk setiap mata kuliahnya. Bukan hanya itu, para dosen pun mengenalnya dengan baik. Siapa yang tidak ingin seperti Mawa.

Begitupun, Anda juga bisa kok dapat nilai A dari semua dosen yang masuk ke kelas Anda. Seperti Mawa. Caranya bagaimana?


Disiplin
Disiplin dalam semua hal, termasuk kehadiran dan tugas. Anda rajin hadir tapi gak ngerjain tugas, gak bisa juga. Anda rajin ngumpulin tugas tapi jarang hadir, juga gak bisa. Rajin hadir dan kerjain tugas itu baru super.


Duduk di kursi paling depan
David J Schwartz dalam bukunya Berpikir dan Berjiwa Besar menulis bahwa duduk di kursi paling depan bisa meningkatkan rasa percaya diri kita. Ya, rasa percaya diri Anda di depan dosen tentu juga berpengaruh dengan nilai pribadi Anda di hadapan dosen. Jadi, jangan ragu untuk selalu duduk di kursi paling depan. Potensi dosen ingat nama dan wajah kita tentu sangat besar.


Berbicaralah di Saat yang Tepat
Diskusi di dalam kelas bukan hal yang baru bagi mahasiswa. Sayangnya yang sering terjadi diskusi terasa biasa karena hanya beberapa mahasiswa dan dosen yang aktif di dalamnya. Jika kita termasuk yang pasif dalam diskusi, berubahlah! Bicaralah saat kesempatan berbicara itu datang. Bisa dengan bertanya, menyampaikan pendapat atau memberikan jawaban. Di awal barangkali kita akan merasa kaku, tapi percayalah Anda akan termotivasi untuk melakukannya lagi.


Perbanyak Membaca
Anda hebat jika Anda membaca lebih banyak buku dari orang-orang yang ada di sekitar Anda. Ini modal utama Anda untuk berbicara di dalam kelas. Dosen manapun akan terpukau pada Anda yang berbicara dengan landasan/ referensi yang terpercaya. Biasakan mengingat judul buku dan nama penulis buku yang Anda baca. Tanpa Anda sadari, kebiasaan membaca buku ini menjadikan Anda bijak dan baik dalam berkomunikasi .


Jangan Sok Jadi Pahlawan
Semua orang tahu Anda pintar, tapi jangan sampai kepintaran itu membuat Anda lupa diri. Bantu dan bimbing teman Anda yang kesulitan dalam tugasnya hanya sebelum ujian tiba. Jika Anda membantunya saat ujian berlangsung, siap-siap menerima konsekuensinya.


Selamat menjadi mahasiswa teladan dan terbaik di kelas dan kampus Anda. Jangan lupa bahwa nilai akademik yang tinggi tidak ada apa-apanya jika nilai dari pribadi kita jauh dari kata baik. Bagi informasi ini pada orang-orang sekitar Anda jika bermanfaat. Anda punya tips lainnya? Sila berbagi di kolom komentar ya.

No comments:

Post a Comment